Keren! Persaingan Mobil Terlaris sepanjang 2021, Avanza Belum Ada Tandingan dalam

Keren! Persaingan Mobil Terlaris sepanjang 2021, Avanza Belum Ada Tandingan dalam

INDUSTRI otomotif dalam negeri menjadi salah satu yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun ini. Menyusutnya daya beli masyarakat, mahalnya bahan baku komponen yang mengalami kenaikan hingga krisis chip dan semikonduktor dirasakan hampir seluruh merek mobil di tanah air.

Seiring waktu, keadaan mulai membaik. Program vaksinasi massal untuk mendapatkan herd immunity di masyarakat berjalan sesuai rencana. Aktivitas dan kegiatan ekonomi mulai menunjukan pemulihan. Masyarakat mulai kembali membeli mobil baru meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Sepanjang tahun 2021, berdasarkan catatan kami, ada beberapa model mobil penumpang yang laris di pasaran. Berikut rangkuman selengkapnya:

Melihat data penjualan mobil wholesales Gaikindo dari Januari hingga Oktober 2021, penjualan Toyota Avanza masih paling tinggi. Sebagai mobil penumpang, Avanza (dari berbagai tipe) masih menjadi raja dan belum terkalahkan sebagai mobil paling laris di tahun 2021.

Pada periode tersebut, penjualan Toyota Avanza yang disebut juga sebagai mobil sejuta umat ini dilaporkan mencapai angka 47.972 unit. Kompetitor terdekat Avanza adalah Xpander dari Mitsubishi. Xpander yang membayang-bayangi Avanza mencatat penjualan sebanyak 42.839 unit.

Rangkuman lainnya dari mobil paling laris di tahun 2021 ini adalah kendaraan niaga dari Suzuki yakni Carry. Suzuki Carry Sepanjang Januari sampai Oktober 2021 dilaporkan berhasil terjual sebanyak 42.392 unit.

Kemudian di urutan selanjutnya masih dari Toyota dengan salah satu MPV andalannya yakni Rush. Penjualan Toyota Rush pada 10 bulan pertama  2021 disebut mencapai 41.922 unit. Cukup besar.

Toyota Kijang Innova juga demikian. Kendaraan yang masih masuk ke dalam kategori Medium MPV ini berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 37.537 unit. Kijang Innova juga diketahui selalu masuk ke dalam daftar mobil paling laris setiap tahun.

Terakhir, salah satu mobil paling laris di Indonesia tahun 2021 ini adalah Honda Brio. Gabungan Honda Brio Satya di kelas LCGC dan Honda Brio RS di kelas City Car berhasil menorehkan penjualan sebanyak 36.883 unit.

Larisnya Honda Brio mungkin disebabkan ukuran mobil ini yang terbilang compact. Mobil ini cukup disukai oleh masyarakat karena dimensinya yang kecil sehingga dapat merangsek masuk ke jalanan terkecil di kawasan urban.

Selain itu, konsumsi bensin yang irit menjadi prioritas utama pembeli mobil ini sehingga membuatnya cukup digemari setelah segmen yang sama di kategori LCGC yakmi Agya dan Ayla. (jp)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: